Kategori

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
kharel
Tak ada yang spesial dalam hidupku , q hanyalah Seorang umat nabi Muhammad SAW,yang selalu Percaya kalau hidup tu adalah sebuah anugrah terindah dari Sang Khalik tapi banyak makna yang tersimpan didalamnya.
Lihat profil lengkapku
Kamis, 18 Agustus 2011

PC Router from Slackware


Okey Sebelum kita next ke langkah konfigurasi, penulis akan menjelaskan apa itu PC router ? PC router adalah sebuah computer yang dijadikan sebagai router dan mempunyai fungsi layaknya sebuah router,yaitu mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet serta menjadi penghubung dua buah atau lebih pada jaringan yang berbeda.  dan Apa Kegunaannya ..! nanti setelah konfigurasi ini akan saya jelaskan :D
Dalam tutorial ini penulis menggunakan 3 Lancard ..!
dimana 1  untuk public , dan 2 lancard lainnya untuk Lokal jadi disini kita akan mencoba coba mesharingkan internet ke 2 Subnet address …dan melakukan koneksi antar subnet addrees tersebut ..! Biar gak Bingung ..! liat Topologinya berikut :
topologi PC router
Sudah jelaskkan brada ..! mungkin masih ada yang bingung ..!  :D ..ikut i penjelasan saya step By Step ya Brada :D :
Langkah pertama :
Pastikan anda telah menginstal sLackware pada PC yang akan anda jadikan router,lalu setelah tu login ke slackware,setelah melakukan login selanjutnya ketikkan perintah “ifconfig” pada console lihat apakah ke 3 Lancard tadi terdeteksi oleh sistem operasi,lihat gambar :
gambar1
Setelah Lancard terdeteksi dengan baik ,selanjutnya setting Ip pada lancard masing – masing seperti gambar topologi diatas ,jika telah selesai melakukan konfigurasi IP nya ,lakukan restart pada kartu jaringan dengan perintah “/etc/rc.d/rc.inet1 restart”.

Langkah Kedua
Aktifkan IP forwading dengan perintah “/etc/rc.d/rc.ip_forward start”,jika permision denied ,berikan permision dengan cara “chmod 755 /etc/rc.d/rc.ip_forward”.
gambar2 Langkah selanjutnya adalah melakukan proses routing ,seperti gambar berikut :
gambar3
Okey ….kita telah selalu melakukan proses routing …selanjutnya adalah kita akan melakukan konfigurasi iptables  , berikut langkah nya : edit isi shell dari file rc.local yaitu dengan cara “nano /etc/rc.d/rc.local”,edit seperti gambar berikut :
gambar4
Setelah shell diatas di edit ,simpan konfigurasi dengan cara Ctrl+O,tekan enter lalu exit dengan cara Ctrl + X.
Langkah selanjutnya masuk ke direktori /etc/rc.d dengan perintah “cd /etc/rc.d”,lalu berikan permision pada file rc.local dengan cara “chmod 755 rc.local”,setelah itu jalan kan file rc.local dengan cara “./rc.local” dan konfigurasi PC Router telah selesai.Kemudian setelah konfigurasi selesai lakukan setting IP pada client .
Setelah melakukan setting pada IP client,selanjutnya adalah melakukan uji coba koneksi ,pada PC Router ,lakukan test dengan ping ip lokal ping ip dari ISP.
Pada Ip client lakukan test ping ke jaringan antar lokal dan coba juga lakukan Ping ke google …Jika berhasil artinya anda sudah berhasil Sharing internet ke Lokal.
Mudah Kan Brada :D …
 
Penjelasan !
Okey pada step ini saya akan menjelaskan alasan kegunaan PC router pada topologi diatas ,masalah Subnet address / network address silahkan pelajari sendiri  tentang “Konsep Subnetting atau subnetting lanjutan VLSM”,saya yakin anda pasti bisa :D
kegunaan PC router di atas adalah untuk melakukan sebuah segmentasi suatu jaringan,dimana dapat kita bayangkan ,kalau seandainya kita tidak menggunakan PC router dan langsung tancap aje koneksi dari ISP ,sedangkan Client kita berjubel bisa 20-30  bahkan ratusan client yang parah nya lagi bandwith yang disediakan sangat la terbatas ,hal itu cukup mengganggu kinerja jaringan ,hal ini dikarenakan lalu lintas data yang padat menyebabakan terjadinya pelambatan arus pada jaringan tersebut,untuk itu diperlukan suatu router yang berfungsi memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.Trus mengapa kita menggunakan PC Router ?kenapa tidak router yang berskala baik misalnya saja Produk dari Cisco ,? tentunya kita bisa tau Toh ndukk betapa mahal nya tu perangkat :D ?
mengapa PC Router yaitu Untuk lebih meringankan biaya pengadaan router karna kita bisa membangun sebuah router dengan sebuah PC yang tentunya menggunakan sebuah sistem operasi tertentu ..! :D

0 komentar: